https://bondowoso.times.co.id/
Berita

Angin Kencang Terjang Kecamatan Wringin Bondowoso Sebabkan 34 Rumah Rusak

Senin, 19 April 2021 - 12:28
Angin Kencang Terjang Kecamatan Wringin Bondowoso Sebabkan 34 Rumah Rusak Tampak rumah warga di Kecamatan Wringin rusak akibat angin puting beliung dan disertai hujan deras. Total ada 34 rumah yang rusak akibat bencana alam tersebut (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMES BONDOWOSO, BONDOWOSO – Bencana alam akibat hujan deras yang disertai angin kencang di Desa Jatitamban dan Sumber Malang, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menyebabkan  34 rumah rusak. 

Dari total rumah rusak tersebut, sebanyak 27 rumah rusak ada di Desa Jatitamban dan 7 rumah di Desa Sumber Malang. Kejadian tersebut berlangsung Minggu (18/4/2021).

Plt Kepala BPBD Bondowoso, Adi Sunaryadi mengatakan, dari 34 rumah tersebut rata-rata yang rusak adalah atapnya. Kerusakan hingga sekitar 30 persen. 

Bantuan.jpg

"Kerusakannya sama, yaitu rata-rata atapnya. Ada memang yang hampir separuh rusak, melayang gitu. Ada yang genteng, ada yang asbes," katanya saat dikonfirmasi, Senin (19/4/2021).

Selain kerusakan rumah, juga terdapat beberapa pohon tumbang dan melintang di jalan. Pihaknya langsung menurunkan dua regu untuk membersihkan.

"Itu kemarin langsung dibersihkan TRC (tim reaksi cepat) BPBD, dan evakuasi sehingga arus kendaraan kembali lancar," bebernya.

D dua desa tersebut mememang sering terjadi angin kencang atau puting beliung. Namun kerusakan rumah paling banyak baru kali ini.

Pohon-Tumbang.jpg

"Kami tidak mengira kalau kerusakan rumah kemarin itu hingga 34 rumah. Sudah identifikasi bersama-sama dan melakukan asesmen," paparnya.

Saat ini Pemkab melalui BPBD Bondowoso, telah memberikan bantuan sembako kepada 34 KK yang terdampak bencana tersebut.

 "Kemudian dari pihak Polres sendiri tadi juga memberikan bantuan," jelas mantan Kabid Pariwisata Disparpora itu.

Selain itu, BPBD dan TNI-Polri bergotong royong melakukan perbaikan terhadap puluhan rumah yang rusak tersebut. "Selain membersihkan serpihan, juga perbaikan atap yang rusak," imbuhnya.

Adapun kerugian materi akibat angin kencang di dua desa Kecamatan Wringin Bondowoso tersebut sekitar Rp 34 juta. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bondowoso just now

Welcome to TIMES Bondowoso

TIMES Bondowoso is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.